Ketika Hakim mengerjakan tugas Jumatnya yaitu mencari dan menyarikan inti dari kisah Rasulullah SAW dari lahir hingga masa kenabian, kami menyimpulkan dari presentasi Hakim bahwa dia masih kesulitan untuk mengekstrak informasi penting dari sebuah bahasan. Hingga akhirnya kami bertanya di Webinar HSUS dan dijawab oleh Mas Aar bahwa skill ini didapatkan melalui latihan. Diurutkan dari membahas judul, tokoh utama, tempat, waktu, kejadian dst. Hampir seperti 5W + 1H. Kemudian dicontohkan bagaimana menceritakan kembali.

Akhirnya malam itu juga, kami meminta Hakim memilih satu tema dari Khan Academy untuk diceritakan kembali dalam bentuk tulisan. Hakim memilih tema Death Star. Materi berupa video. Kemudian Hakim menuliskan apa yg ditangkapnya dari video tsb. Ada beberapa istilah yang tidak dimengerti. Tapi tidak apa, kami minta Hakim menulis apa yang dipahaminya saja.

Surprisingly Hakim bisa menangkap sebagian besar pokok bahasan dan paham ide utama yang dibicarakan oleh tokoh (astronomist) di dalam video tersebut.

Alhamdulilah, mudah-mudahan ke depannya semakin baik ya Kim.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *