23 Januari

Terus terang, saya cukup terperanjat dengan keindahan dan kemurnian Taman Nasional Bali Barat. Tidak jauh dari lalu lintas penyebrangan Banyuwangi-Gilimanuk, TNBB merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali, di habitat aslinya.

Taman Nasional seluas 77,000 Ha, atau hampir 10% luas daratan Pulau Bali ini menyimpan sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan yang dilindungi.

Pagi itu kami sempat menikmati sekitar 1,5jam perjalanan dengan perahu menyusuri beberapa spot di Timur TNBB. Diantaranya gumuk pasir dan hutan mangrove.

Air lautnya bisa dikatakan jernih. Hutan Mangrove tumbuh subur. Biota laut seperti bintang laut beberapa jenis ikan dan rumput laut pun masih nampak. Dan tentu saja, Jalak Bali atau Curit dalam bahasa setempat, masih bisa ditemui di sini. TNBB memang membuat penangkaran khusus untuk burung ini. Pada tahun 2006, hasil sensus menyatakan hanya 6 ekor saja yang masih hidup. Saat ini tercatat lebih dari 200 ekor yang tersebar di Tegal Bunder, Lampu Merah, Batu Gondang, Prapat Agung, Batu Licin, dan Teluk Brumbun.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *