21 Januari

Tanpa sarapan terlebih dahulu, kami meninggalkan Pantai Triangulasi menuju Savana Sedengan tak jauh dari situ. Betul saja, begitu kami tiba, segerombolan banteng tengah merumput pagi itu.

Tidak hanya banteng, rusa, bangau tongtong, burung elang dan merak pun nampak di sini.

Savana Sadengan Alas Purwo adalah
feeding ground buatan yang dibuat pada tahun 1970an seluas 84 Ha, untuk menggantikan feeding ground asli yang habis oleh ladang dan pemukiman penduduk.

Tidak dapat dipungkiri, Banteng Jawa merupakan primadona di savana ini. Banteng Jawa merupakan satu dari 5 spesies Banteng yang ada di dunia. Banteng Jawa atau Bos Javanicus Javanicus ditemukan di sepanjang Pulau Jawa dan Bali. Tapi hanya bisa ditemukan di 4 lokasi saja di Pulau Jawa.
Populasi Banteng Jawa jauh menurun bahkan terancam punah karena sering diburu secara ilegal, habitatnya dirusak bahkan dicaplok untuk kepentingan ekonomi lainnya, predator alami makin banyak dan makanan yang kurang di habitatnya.

Sekitar pukul 9 pagi, Pak Banda pimpinan di section savana ini memanggil dan menawari kami untuk menyaksikan pelepasan seekor merak jantan dari penangkaran. Jadi ceritanya merak ini merupakan binatang peliharaan yang akan dikembalikan ke habitat aslinya. Untuk proses adaptasi selama masa transisi, maka merak ini ditempatkan dalam kandang di tepi savana. Ternyata proses pelepasan tidak semulus yang kami duga, sang merak enggan meninggalkan kandangnya, sehingga harus di tangkap dan dikeluarkan secara paksa, hu kesian juga.

Kami menghabiskan sisa hari di savana dengan mengobrol dengan Pak Banda, menonton banteng dan hewan lainnya dan leyeh-leyeh menikmati udara segar savana di balai bengong milik staf😁. Malam harinya Abah sempat keluar sama Hakim untuk menolong dua mobil yang terperosok di pasir di Pantai Triangulasi, sementara kami menonton Savana Sedengan yang berubah menjadi lautan kunang-kunang di malam hari, indah tak terperi, kakak😍

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *