19 Januari

Seperti juga senjanya, matahari terbit di Baluran tidak kalah cantiknya.

Langit yang tadinya gelap, perlahan rekah menjingga oleh sinar sang surya. Rusa yang sedari kemarin bersembunyi entah di mana, pagi ini datang bergerombol.

Selain rusa, kerbau juga datang pagi ini. Satu persatu, tidak berombongan. Menjelang siang, mereka menghilang kembali, tinggal rusa saja.

Maya yang menginap di luar TNB bergegas datang masuk kembali ke Taman Nasional begitu kami beritahu soal kehadiran hewan-hewan ini.

Kira-kira pukul 11 siang, kami keluar dari Baluran setelah melepas Maya sekeluarga yang akan kembali ke Malang. Thank you for coming with us May❤️🙏.

Di Banyuwangi kami berniat mengunjungi Orang Using, yang kononnya disebut orang asli Banyuwangi. Sayang tempat pertama yang kami kunjungi rupanya tempat wisata seperti taman bermain saja.

Kami pun mencari tahu mengenai desa asli Using, lalu mengunjungi tempat berikut sesuai petunjuk yang diberi. Desa ini walaupun memiliki rumah tradisional, tidak banyak informasi yang kami dapatkan dari penduduknya. Hingga akhirnya kami menyerah dan berniat kembali ke TNB. Di tengah jalan, kami melihat sebuah kedai kopi, kedai kopi orang Using. Kami minum kopi dan ngobrol-ngobrol dengan Pak…duh siapa lagi namanya… Dari beliau kami mendapat informasi lebih lengkap mengenai orang Using.

Menurut Wikipedia, Suku Using adalah penduduk asli Banyuwangi atau juga disebut sebagai larus (lare using) atau “wong Blambangan” merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Orang Osing menggunakan bahasa Osing yang merupakan turunan langsung dari bahasa Jawa Kuno sebagai bahasa sehari – hari mereka.

Setelah minum kopi kami kembali ke TNB. Hari hampir Maghrib ketika kami tiba di gerbang, untung masih bisa masuk. Petugasnya mengenali truk kami yang kemarin sore menolong mobil lain yang terperosok di Pantai Bama dan mengijinkan kami masuk dan menginap walau TNB sebetulnya sudah tutup. Terimakasih Pak🙏

#unlockingindonesiatrasure

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *