14-15-16 April

Kami tiba di Pelabuhan Sape setelah adzan Ashar. Pelabuhan lengang sekali. Hanya tampak 3 truk sedang parkir di salah satu sudut lapangan parkir pelabuan yang luas.

Tujuan kami sebetulnya adalah Sumba. Namun sejak di Bima kami sudah tahu kalau kapal ke Waikelo Sumba tidak beroperasi karena pelabuhan Waikelo rusak dihantam badai. Pelabuhan ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Dengan demikian satu-satunya kapal yang mengarah ke arah Timur hanya yang menyebrang ke Labuan Bajo, Flores. Waktunya pakai ‘flexibility behavior’ tujuan diubah dari Sumba ke Flores.

Di pelabuhan kami baru tahu kalau kapal ke Labuan Bajo beroperasi dua hari sekali. Itulah sebabnya ada 3 truk yang parkir menunggu kapal. Beruntungnya kami, kapal akan beroperasi esok hari. Kami cukup menginap sehari saja di Sape. Pukul 6 pagi kami sudah sarapan, beberes, cuci piring dan sejam kemudian sudah siap untuk menyebrang.

Perjalanan memakan waktu sekitar 8 jam. Hari masih terang ketika ban truk menyentuh tanah Flores, di pelabuhan yang tengah direnovasi. Kecuali (calon) kedai Starbucks di (calon) Kompleks Niaga di pelabuhan, tanah yang ke-3 kali kami injak ini masih sama; langit biru tak berbatas, semburat jingga kala senja, ladang-ladang hijau di kaki bukit, biru toska lautnya, pantai-pantai berpasir putih, desa-desa tua berusia berabad, wajah-wajah bersahaja yang ramah dan akrab, bukit-bukit coklat di Pulau Rinca tempat para naga hidup ribuan tahun dan tentu saja puncak-puncak vulkaniknya yang berselimut awan.

Selesai makan siang yang kesorean, kami lalu ke arah Selatan mencari pantai untuk parkir bermalam. Ketika tiba di pantai yang dimaksud, sebuah palang melintang di pintu masuknya. Karena sepi dan tidak ada yang bisa ditanyai kami melanjutkan pencarian terus ke Selatan. Tidak jauh dari Hotel Jayakarta, ada sebuah mesjid jami’, Gorontalo, nama desanya. Parkiraannya luas tanpa gapura dan airnya bersih, fixed ini tempat kami bermalam.

Keesokan pagi, selepas rutinitas pagi; mandi, sarapan dan beres-beres mobil, kami siap melanjutkan petualangan hari ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *