14 Januari

Kami lewat Probolinggo menuju Bromo. Di Probolinggo kami ketemu yang kami cari sejak di Jawa Tengah: mangga lali jiwo.

Pohon mangga lalijiwo merupakan tumbuhan endemik Jawa. Tumbuhan ini hidup di beberapa wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Daerah-daerah yang terkenal memiliki banyak pohon mangga jenis ini adalah wilayah sekitar Semarang hingga Yogyakarta, daerah Probolinggo (Jawa Timur), dan Indramayu (Jawa Barat).

Sayangnya pohon mangga lalijiwa ditengarai mulai langka di habitat alaminya. IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) memasukkannya dalam Daftar Merah (Red List).

Begitu sampai di Cemoro Lawang, desa tertinggi di Tengger, kami diarahkan untuk parkir di area parkir khusus pengunjung. Malam itu kami masak di truk sambil menikmati hujan rintik yang tak kunjung berhenti. Menunya tumis terong tabur teri, telur dadar dan kering tempe. Setelah makan malam kami didatangi pemilik jeep yang menawarkan jeepnya untuk dipakai menyaksikan sunrise besok. Disepakati harga 550rb untuk 4 spot: sunrise di Seruni view point, Savanah Teletubbies, Pasir berbisik dan terakhir kawah Bromo.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *