16 Februari

Kami pamit pagi ini pada Om Yuli dan santri-santrinya untuk melanjutkan petualangan di Lombok.

Perburuan pertama : sarapan. Setelah mengisi perut di sebuah warteg, tanpa rencana jelas, truk diarahkan ke Sengggi. Melihat pantai biru, kami pun minggir dan duduk-duduk sambil menikmati udara pagi.

Tak lama sebuah vespa minggir. Pengemudinya turun lalu menyapa Abah. Rupanya beliau pernah melihat mobil kami di YouTube. Kenalan lah kita. Di sinilah petualangan panjang kami di Lombok, bermula. Mas Olan bekerja untuk Reggae Bar di Gili Terawangan, beliau mengolah sampah menjadi barang-barang yang berguna. Di workshopnya botol-botol kaca, plastik, kaleng diubah menjadi gelas, meja, lukisan dll. Kerennya Mas Olan melibatkan penduduk sekitar dalam proses recycling ini. Kami pun ditawari untuk mengunjungi workshop.

Di tengah jalan Mas Olan memberitahu kalau bannya kempes. Kami lalu menunggu beliau di Pantai Melaka. Tak lama Mas Olan datang bersama adiknya, Dabil. Kami lalu melanjutkan perjalanan ke workshop.

Tiba di workshop, kami berkenalan dengan Bangkit dan 2 kawannya yang baru tiba dari Jakarta. Kami lalu disuguhi makan siang ikan bakar dan plecing kangkung yang memang sudah dicari semenjak tiba di pulau seribu pantai ini. Nikmatnya tiada tara.

Sorenya kita berangkat ke Gili Trawangan ditemani Om Olan, Bangkit dan dua kawannya, dengan kapal penumpang. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Kami tiba di pelabuhan yang berdekatan dengan Reggae Bar Sama-sama. Kebetulan pemiliknya, Pak Bro, sedang duduk-duduk di depan. Kami lalu singgah dan ngobrol-ngobrol di tepi jalan.

Jalan satu-satunya di Trawangan ini padat dan ramai oleh turis yang lalu lalang, sebagian besar bule. Orang lokal hanya satu dua saja yang nampak. Sekilas, kita tidak merasa sedang di Lombok.

Oleh Pak Bro kami ditawari untuk menginap di Penginapan Sama-sama dengan harga spesial. Penginapannya terletak di belakang bar. Lelah oleh aktivitas seharian membuat kami lelap tidur tanpa terganggu suara bar yang semakin ramai menjelang tengah malam.

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *